Thursday, January 26, 2012

Uang Anda Terbuang Percuma Alias Mubazir? Jangan Sampai!


Assalamu’alaykum warohmatulloh wabarokatuh,
Salam sejahtera untuk kita semua,

Pembaca yang budiman, adakah yang tahu, apa sih uang itu? Untuk apa uang itu digunakan? Dan penting kah uang itu untuk Anda? Yah, kalau saya pribadi, sangat setuju dengan kalimat berikut ini, “Uang bukanlah segalanya, tapi segalanya butuh uang”. Pada kenyataannya, memang uang sangat lah dibutuhkan dalam segala urusan. Namun, sekali lagi uang bukanlah segalanya. Mengapa? Karena dengan uang yang banyak sekalipun, tanpa kreativitas, keuleten, dan softskill lain, uang bukanlah apa – apa. Sangat jauh dengan kesuksesan ketika kita hanya mengandalkan uang untuk senjata pamungkas.
Nah, bagaimana memanfaatkan uang – uang kita agar tidak terbuang percuma dan sekaligus menjadikan kita pribadi yang syarat akan kesuksesan? Di sini saya akan mengenalkan tips agar uang yang kita miliki tidak terbuang percuma alias mubazir dan dapat berkembang menjadi usaha yang mendatangkan keuntungan, yaitu dengan cara bisnis online.
Bisnis online sendiri adalah bisnis yang dilakukan secara online melalui jaringan internet. Keuntungan bisnis online ini adalah tidak membutuhkan tempat untuk membutuhkan usaha. Jadi hanya memanfaatkan jaringan internet sebagai media bisnis. Nah, bisnis online sendiri setahu saya dibagi menjadi dua, yaitu bisnis online tanpa modal dan bisnis online dengan modal. Untuk bisnis online tanpa modal sendiri salah satu contohnya adalah PPC (Pay Per Click). Saya sendiri pernah mencoba tips itu beberapa bulan dan hasilnya adalah NOL BESAR. Mungkin memang saya yang belum mengetahui seluk beluk bisnis online, bisa dibilang pemula. Untuk itu, saya menyarankan jika Anda, maaf, pemula, LEBIH BAIK tidak mencoba hal tersebut. Pilih yang realistis saja, yaitu bisnis online dengan modal. Karena konteksnya di sini adalah memanfaatkan uang yang Anda punya untuk berbisnis. Dan yang berbau gratis biasanya berujung kekecewaan.
Untuk bisnis online dengan modal, contoh yang saya ketahui adalah dengan membuka bisnis penjualan barang – barang melalu online, bisa melalui blog atau jejaring sosial yang sudah kita kenal, yaitu Facebook. Teknisnya adalah kita membuka usaha penjualan barang – barang melalui jaringan internet. Dan sekali lagi, kita tidak membutuhkan tempat untuk menjual barang – barang yang akan kita jual tersebut. Secara rinci, teknisnya adalah sebagai berikut:
Misal kita memakai Facebook sebagai sarana bisnis online kita. Pertama, kita membuat akun Facebook dengan nickname semenarik mungkin, yang berarti nama “toko” online Anda. Selanjutnya Anda WAJIB membuat peraturan – peraturan mengenai sistem pemesanan, pembayaran, dan peraturan – peraturan lain terkait dengan “toko” online Anda. Yang perlu Anda garis bawahi, peraturan – peraturan yang Anda buat diusahakan tidak merugikan buyer maupun seller. Silakan Anda membuat sendiri. Berikut contoh peraturan – peraturan yang saya ambil dari “toko” online teman sayat:
  • pemesanan dapat dilakukan melalui SMS ke nomor ini (yang tentu sudah dicantumkan)
  • pembayaran dapat dilakukan dengan mentransfer ke rekening (yang tentu sudah dicantumkan)
  • harga barang BELUM termasuk biaya kirim
  • barang rusak selama pengiriman bukan tanggung jawab seller karena sebelum mengirim sudah dipastikan kondisi 100% baik,
  • dan lain lain.
Setelah membuat peraturan – peraturan, langkah selanjutnya adalah me-request teman sebanyak – banyaknya agar promosi barang – barang Anda dapat maksimal dan menyeluruh. Sampai di sini terserah Anda bagaimana cara Anda untuk mempromosikan barang – barang dagangan Anda ke teman – teman yang ada di friends list Facebook Anda. Sejauh yang saya tahu, biasanya seller – seller online mempromosikannya barang – barang dagangannya melalui tagging foto beserta harga dan segala sesuatu yang berhubungan dengan barang – barang tersebut. Manfaatkan batas tagging foto Anda semaksimal mungkin dan jangan lupa untuk mengajak teman – teman Anda membeli atau sekadar ikut mempromosikan barang – barang dagangan Anda. Tentu Anda lebih tahu bagaimana cara Anda menarik banyak buyer. Gunakanlah cara yang seefektif mungkin agar bisnis Anda lancar. Nah, di sinilah dibutuhkan keuletan, ketekunan, dan kreativitas Anda. J
Terakhir setelah bisnis online melalui Facebook sukses, Anda bisa mencoba untuk membuat blog / website untuk memperluas jaringan bisnis Anda, yang bisa anda pelajari di Sekolah Blog. Dan di Sekolah Blog ini Anda akan dibekali cara – cara membuat blog yang menarik sehingga ramai dikunjungi oleh banyak orang dan segala tips yang membuat bisnis online Anda sukses besar. Sekali lagi perlu diingat, dibutuhkan keuletan, ketekunan, dan kreativitas Anda dalam memajukan bisnis online yang Anda kelola. Mudah kan caranya? Yak! Mudah, tentu saja!!
Sekilas tips memanfaatkan uang agar tidak terbuang sia – sia dan mubazir dari saya. Anda pun bisa menjadi sukses dengan memanfaatkan uang yang Anda punya tersebut. Semoga apa yang saya sampaikan dapat bermanfaat untuk Anda. Dan WAJIB diingat, “Kerja keras tanpa doa adalah sia – sia”. Selamat berbisnis online! Semoga Tuhan melancarkan semua yang akan Anda kerjakan. Aamiin. J

Wassalamu’alaykum warohmatulloh wabarokatuh,
Salam sukses untuk kita semua!

No comments:

Post a Comment