Tuesday, December 18, 2012

Hal - hal Kecil yang Dapat Kita Lakukan untuk Mencegah Krisis Air Bersih

Tulisan ini saya ikut sertakan dalam Lomba Blog #airpureit

Air? Bagaimana respon Anda ketika saya menyebutkan kata tersebut? Pastilah Anda sangat kenal dan tidak asing dengan kata tersebut. Yah, air, sesuatu yang sangat esensial dalam kehidupan kita. Kita memasak, membutuhkan air. Apa yang kita minum? Air. Kita mandi, jelas sekali membutuhkan air. Semua kegiatan kita di bumi ini pastilah tidak jauh - jauh dari air.  Bumi sendiri tiga perempat bagiannya adalah air. Tuhan menciptakan air sebagai sumber kehidupan kita. Tanpa air? Yah, bisa Anda bayangkan sendiri :)
Saya pernah membaca artikel yang mengulas tentang krisis air bersih. Entah ini fiksi atau nyata, yang jelas artikel ini sangat lah cukup untuk memberikan pelajaran untuk kita. Silakan disimak dahulu :)  

Surat dari Tahun 2070 
Aku baru berusia 50 tahun, tapi penampilanku seperti seseorang berumur 85 tahun. Aku menderita gangguan ginjal serius,karena aku tidak minum cukup air. Aku takut aku tidak punya banyak waktu lagi untuk hidup. Aku adalah salah satu orang tertua di masyarakat ini.
Aku ingat ketika aku masih anak berumur 5 tahun, Semuanya tampak berbeda. Ada banyak pohon di taman, rumah dengan kebun yang indah, dan aku bisa menikmati mandi selama setengah jam. Saat ini kami menggunakan handuk dengan minyak mineral untuk membersihkan kulit kami. Sebelumnya, wanita memiliki rambut yang indah. Sekarang, kami harus mencukur kepala untuk menjaganya tetap bersih tanpa menggunakan air. Lalu, ayahku dulu mencuci mobilnya dengan air yang keluar dari selang. Sekarang, anakku tidak percaya bahwa air dapat digunakan dengan cara seperti itu. Aku ingat bahwa dulu ada peringatan 

HEMAT AIR !
di poster-poster , radio dan TV , tapi tidak diperhatikan. Kami pikir air akan selalu tersedia untuk selamanya. Sekarang, semua sungai, danau, waduk dan lapisan air bawah tanah kering atau terkontaminasi. Industri hampir berhenti dan pengangguran mencapai proporsi yang dramatis.
Desalinasi tanaman merupakan sumber utama tenaga kerja, dan pekerja menerima  sebagian dari gaji mereka dalam bentuk air minum. Serangan bersenjata di jalanan untuk satu jerigen air sangat umum terjadi. dan 80% makanan saat ini adalah sintetik.
Sebelumnya, jumlah yang direkomendasikan untuk minum air untuk orang dewasa adalah 8 gelas per hari. Saat ini, aku hanya diperbolehkan minum setengah gelas per hari. Kami sekarang harus mengenakan pakaian sekali pakai, dan ini meningkatkan jumlah sampah.
Kami menggunakan septic tank sekarang, karena sistem pembuangan limbah tidak bekerja karena kurangnya air. Tampilan luar dari populasi sungguh mengerikan: berkerut, tubuh kurus karena dehidrasi, penuh luka yang disebabkan oleh radiasi ultra violet yang sekarang lebih kuat tanpa perisai pelindung dari lapisan ozon. Kanker kulit, infeksi gastrointestinal dan saluran urine adalah penyebab utama kematian. Karena pengeringan yang berlebihan kulit orang-orang muda yang berusia 20 tahun terlihat seperti 40 tahun.
Ilmuwan menginvestigasi, tetapi tidak ada solusi untuk masalah ini. Air tidak dapat diproduksi, oksigen juga terdegradasi akibat kurangnya pepohonan dan vegetasi, dan kapasitas intelektual generasi baru sangat terganggu. Morfologi spermatozoa pada pria telah berubah banyak. Akibatnya, bayi dilahirkan dengan defisiensi, mutasi dan kelainan bentuk fisik.
Pemerintah mengharuskan kami membayar udara yang kami hirup, 137 m3 per hari untuk setiap orang dewasa. Orang-orang yang tidak mampu membayar akan diusir dari "zona yang berventilasi" zona berventilasi berupa paru-paru mekanik yang sangat besar dengan tenaga matahari. Udara tidak berkualitas baik, tapi setidaknya orang bisa bernapas.
Di beberapa negara, di mana masih ada beberapa zona hijau dilintasi oleh sungai, tempat ini dijaga oleh tentara bersenjata berat. Air menjadi harta yang sangat didambakan, lebih berharga daripada emas dan berlian. Di mana aku tinggal, tidak ada pepohonan, karena jarang sekali hujan. Ketika terjadi presipitasi, itu adalah hujan asam. Musim telah terpengaruh oleh uji atom dan oleh kontaminasi dari polusi industri abad ke-20 .
Kami telah diperingatkan untuk menjaga lingkungan, tapi tak ada yang peduli.
Anakku bertanya: Ayah! Mengapa tidak ada air? Kemudian, aku merasakan ada yang mengganjal di tenggorokanku! Aku tak bisa menahan rasa bersalah, karena aku termasuk pada generasi yang berkontribusi menyebabkan kerusakan lingkungan Sekarang anak-anak kami harus membayar harga yang sangat tinggi!
Aku sangat percaya bahwa dalam waktu yang singkat kehidupan di bumi tidak akan bertahan lagi, kerusakan alam saat ini mencapai tahap yang tidak dapat diubah.
Bagaimana aku ingin kembali dan membuat manusia mengerti …
Bahwa kita masih punya waktu untuk menyelamatkan Planet Bumi kita
Dokumen ini dipublikasi di majalah “Crónica de los Tiempos” April 2002 dan saya ambil dari sumber karena memang sengaja saya browse kembali

Mengenaskan bukan? Siapa yang salah jika kondisinya seperti itu? Yah, manusia lah yang salah. Sekarang ini  kita melakukan banyak hal yang justru itu membahayakan bumi kita di tahun - tahun yang akan datang. Seperti yang dijabarkan pada artikel di atas. Bayangkan jika memang semua itu terjadi pada bumi kita? Apa yang lantas akan kita lakukan untuk anak cucu kita kelak di tahun tersebut? Semuanya kembali pada kita :)
Dan pada suatu waktu, pernah saya membuat poster tentang air, yang saya ikut sertakan dalam perlombaan. Meskipun tidak menang, saya sadar bahwa dalam poster yang saya buat tersebut, saya berusaha untuk menyadarkan kita akan seberapa penting fungsi air bersih dalam kehidupan kita. Bukan untuk kita (manusia) saja, akan tetapi untuk hewan - hewan yang ada disekitar kita, untuk tumbuhan - tumbuhan yang hidup di sekitar kita, dan untuk BUMI kita. Jelas sekali bukan pentingnya air dalam kehidupan di bumi?
Poster saya tentang air
Lantas, apa yang bisa kita lakukan?
Dalam tulisan saya kali ini, saya akan mencoba memberikan upaya nyata yang bisa kita lakukan untuk mencegah krisis air bersih seperti pada "Surat dari Tahun 2070".

1. Pastikan Keran Air dalam Keadaan Mati
sumber
Keran air yang tidak rapat (dalam kondisi air yang masih mengalir walaupun sedikit) adalah suatu pemborosan. Jangan biarkan itu terjadi karena sedikit air yang terbuang ketika terjadi beberapa kali, maka air yang terbuang semakin banyak (pemborosan). Dan segera gantilah keran yang sudah rusak dengan keran yang baru agar air tidak terbuang sia - sia.

2. Gunakan Air Secukupnya pada Saat Mencuci Kendaraan Bermotor
sumber
Menghemat konsumsi air dalam mencuci kendaraan bermotor kita adalah hal yang mudah yang dapat kita lakukan. Atau menggunakan air yang memang sudah tidak digunakan lebih baik karena memang di sini kita lakukan demi menghemat penggunaan air bersih.

3. Hemat Air ketika Mandi
sumber
Bukannya jorok, akan tetapi ketika kita menghemat air bersih untuk mandi, itu akan jauh lebih baik. Tujuan mandi kan agar tubuh kita bersih dari kuman / kotoran, bukan menghabiskan air? Jadi, gunakan air seminimal mungkin untuk mandi. Yang penting kan bersih :)

4. Jangan Menggunakan Air untuk Sesuatu yang Mubazir
sumber
Kebanyakan dari kita menggunakan air untuk sesuatu yang mubazir, seperti bermain air, perang air, dan lain - lain. Minimalisir kegiatan tersebut. Simpan air bersih untuk sesuatu yang lebih bermanfaat, contohnya untuk air minum, memasak, dan kebutuhan lainnya.

5. Sehat Bersama Pure It
sumber
Dengan menggunakan Pure It dari Unilever, Anda dapat mengubah air keran menjadi air minum / air yang dapat langsung dikonsumsi. Air yang dihasilkan Pure It tersebut sehat dan tidak mengandung listrik dan gas yang berbahaya. Pure It, sebuah terobosan menawarkan banyak manfaat yang unik untuk perlindungan lengkap dari semua penyakit yang disebabkan air minum tercemar. Dengan harga terjangkau, Pure It membunuh semua virus dan bakteri berbahaya dan menghilangkan pestisida parasit dan kotoran, memberi Anda air yang seaman air rebusan. Ini menjamin keluarga Anda dari 100% perlindungan dari semua penyakit seperti sakit kuning, diare, tipus dan kolera. Terlebih lagi, tidak perlu minyak, gas, listrik atau air keran terus-menerus. Pure It memenuhi kriteria membunuh kuman dari Badan Perlindungan Lingkungan (EPA), badan pengawas yang paling tangguh di Amerika Serikat. Jadi, dengan Pure It di sini Anda dapat memanfaatkan air keran untuk langsung Anda konsumsi tanpa takut terserang beberapa penyakit yang kemudian secara otomatis akan menghemat persediaan air bersih Anda. (dikutip dari sumber)

Sekian tulisan dari saya. Pesan terakhir, manfaatkan air di sekitar kita dengan sebaik - baiknya. Hematlah air bersih untuk generasi - generasi penerus kita. Jagalah lingkungan kita. Jangan biarkan kondisi dalam "Surat dari Tahun 2070" di atas benar - benar terjadi. Upayakan yang terbaik untuk bumi kita. Sekian. Semoga apa yang saya tuliskan di sini dapat bermanfaat dan menjadikan pelajaran bagi kita :)

1 comment:

  1. Nice! Ternyata tulisanmu keren2 gitu no! Lanjutkan

    ReplyDelete